3 Cara Mengatasi Lovebird Gestang (gesek tangkringan )

lovebird mania, kalau kemarin kami telah menulis artikel mengenai cara mendapatkan lovebird batman terbaru, untuk kali ini kita akan menulis mengenai 3 Cara Mengatasi Lovebird Gestanggesek tangkringan ) tentunya berdasarkan dari pengalaman peternak lovebird yang telah berpengalaman



Cara Mengatasi Lovebird Gestang

Lovebird yang gestang/ menggesek-gesekan tangkringan merupakan kebiasaan buruk yang disebabkan oleh kuman dari kotoran lovebird yang mengakibatkan gatalnya pantat lovebird, sehingga untuk menggaruk-garuknya pantat digesek-gesekan pada tangkringannya, dan terlihat seperti lovebird jantan ketika kawin dengan lovebird betina,

Motos yang berkembang pada forum maupun group adalah bahwa lovebird yang gestang  adalah lovebird jantan yang ingin kawin dan tidak ada lovebird betina yang melayani, padahal tidaklah demikian, yang mengalami  kebiasaan suka gesek tangkringan bukan hanya lovebird jantan saja, melainkan betina juga ada yang seperti itu. Hal ini membuktikan bahwa mitos tersebut kurang tepat.

Cara Mengatasi Lovebird Gestang (gesek tangkringan ) Yang Benar

Ada beberapa cara menyembuhkan dan pencegahan agar lovebird tidak mengalami kebiasaan gestang, antara lain;

1. Jaga kebersihan dalam kandang dan sekitar kandang
Menjaga kebersihan dengan rutin membersihkan kandang dari kotoran-kotoran yang menumpuk, 3 hari sekali dan maksimal 1 minggu sekali.

2. Pemberian antibiotik pada sekitar kandang
Anti biotik atau obat-abatan untuk membunuh kuman tanpa ada efek samping pada burung lovebird dengan menggunakan daun sirih, caranya potong-potong daun sirih dan masukkan dalam air panas sekitar 5 menitan, lalu ambil airnya dan semprotkan pada sekitar kandang lovebird.

3. Dengan cara membuang tangkringannya
Jadi tangkringan yang ada didalam sangkar/ kandang lovebird diambil untuk sementara waktu, sekitar 1 sampai 2 mingguan, setelah itu pasang lagi dan perhatikan apa yang terjadi, umumnya kebiasaan lovebird gestang sudah tidak ada lagi/ sudah sembuh, namun apabila kebiasaan gestang masih ada, maka ambil lagi tangkringan tersebut, dan pasang kembali setelah 3 mingguan.
Demikianlah sekilas pengalaman dalam rintangan ternak lovebird dari peternak lovebird mengenai cara mengatasi gestang pada lovebird, semoga lovebird yang gestang akan segera sembuh, mudah-mudahan tulisan ini dapat bermanfaat bagi semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel