5 Ciri Telur Lovebird yang Tidak Akan Menetas ( terupdate )

Lovebird Mania - Beberapa perernak lovebird tidak berhasil menjalankan usahanya dikarenakan banyak sebab, diantaranya karena jenuh dan bosan telur lovebird yang sudah ditunggu-tunggu ternyata tidak dapat menetas.

padahal telur lovebird tidak menetas karena ada faktor yang mempengaruhinya, diantaranya adalah telur tidak vertil / tidak dibuahi oleh pejantan, hal ini tentu sangat tidak kita harapkan.

telur yang tidak vertil tidak akan menetas sampai kapanpun, seperti telur ayam negri yang biasa kita makan, dengan kata lain indukan burung lovebird hanya nelor pakan saja.



Ciri Telur Lovebird yang Tidak Akan Menetas

namun bagaimana kita dapat mengetahui telur itu tidak akan menetas, meskipun masa lengeraman ( 21 hari ) sudah selesai ?, mari kita diskusikan bersama.

dari beberapa info dan pengamatan bahwa setidaknya ada 5 ciri secara kasat mata yang dapat kita berikan, yaitu;

1. Sudah dierami oleh indukan selama 25 hari, telur yang sudah dierami selama 25 hari, namun belum juga menetas, berarti telur tersebut sudah tidak dapat menetas, bisa karena vertil ataupun kematian embrio sewaktu proses pengeraman berlangsung.

2. Telur lovebird terasa ringan
telur yang ringan ketika dibawa mengindikasikan bahwa cairan dalam telur tersebut menyusut karena suhu terlalu panas, jadi cairan kuning dan putih dalam telur menguap, sehingga telur akan terasa ringan bila dipegang.

3. Bila diteropong terlihat polos, tidak ada bayangan kuning/ gelap di dalamnya.

4. telur lovebird terlihat retak-retak
biasanya disebabkan cangkang telur terlalu tipis, karena kurangnya zat calsium pada indukan lovebird ketika bertelur.
Baca juga: Cara mudah panen lovebird 1 bulan sekali
5. telur lovebird dibuang atau ditimbun oleh indukannya sendiri, dengan insting hewani yang dimiliki indukan, maka indukan mampu mendeteksi telur itu vertil / tidak, dan yang vertil biasanya akan di timbun / dibuang bahkan kadang dimakannya.
Baca juga: 4 Ciri burung lovebird blorok palsu
Kira-kira itulah 5 ciri telur lovebird yang tidak akan menetas, meskipun sampai kapanpun, namun itu hanya sekedar pengamatan dan ciri umum saja, seumpama ada yang tidak tepat ciri tersebut, maka itu adalah pengecualian saja.
Baca juga: Perkembangan Anakan Lovebird Dari Menetas Sampai Dewasa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel